Akhirnya aku bisa menggonggong – Info kuliner di Batam


Masih soal cerita dari ketika aku di batam. Kali ini masih soal wisata kuliner di batam.

Kalau kemarin aku cerita tentang harga sayuran itu di sana lebih mahal dari pada ikan, maka sekarang tentang sebuah makanan sangat terkenal di sana. Dan Inilah makanan yang bikin aku bisa menggonggong. Terakhir aku mengonggong sekitar akhir 2007.

Nih dia penampakannya:

image

Itu adalah siput laut. Namanya gonggong. Di batam makanan laut ini sangat terkenal dan menjadi incaran orang-orang yang berkunjung ke batam, seperti yang direkomendasikah oleh Kang Bison bahwa kalau ke batam itu harus nyicipin gonggong.

Trus untuk memakannya gimana ? apakah dikletak dengan gigi atau di pecah cangkannya ? Silahkan baca cara-cara makan gonggong bagi anda yang belum pernah makan. Caranya adalah seperti ini:

image

Gonggong akan disajikan dengan sambal. Entah apa sambelnya yang jelas rasa tomat trasi serta ladanya kuat banget. Jadi sangat nyosss di lidah.

Pertama kita tarik isi siputnya dari bagian capitnya yang menonjol keluar seperti ini:

image

Atau juga tidak menonjol keluar, bisa gunakan tusuk gigi untuk mencongkel isinya. Kadang ada gonggong yang ketika ditangkap dia ngusrek ke dalam cangkang atau seluruh tubuhnya masuk cangkan. Dan kemudian setelah ditarik tubuhnya akan nampak seperti ini:

image

Kelihatan sangat gurih dan enak. Kemudian cocorkan ke sambalnya

image

Dan siap untuk dimakan. Seperti ini nih jadinya

image

He he he. .. Pokoknya rasanya itu gurih banget lah. Bagi yang belum biasa mungkin akan merasa jijik atau aneh. Tapi rasanya… Hmmm.. Nyumy banget.

Manfaat lain kata orang sini adalah bahwa gonggong itu bisa menambah stamina laki-laki. Pas dimakan berdua sama istri. Sehingga sehabis makan gonggong biasanya bisa menggonggong lebih lama. Ha ha ha.

Oke sampe di sini dulu, ceritaku tentang menggonggong yaitu makan gonggong. Bukan menggonggong seperti anjing lho ya…. He he

Penulis: ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..

3 tanggapan untuk “Akhirnya aku bisa menggonggong – Info kuliner di Batam”

  1. mantap.. paling enak yg jual gonggong di rumah makan yg dkt center point daerah nagoya. aku lupa nama rumah makannya. terkenal banget. đŸ˜€

    berapa lama di batam? jangan lupa jga mampir ke balerang dan nyobain kek pisang juga. enak rasa kek pisangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.