Pentingnya ABS – Auto Breaking System pada mobil untuk mengurangi resiko kecelakaan


Fiuh… Masih kerasa deg-degannya kemarin pas hampir terjadi kecelakaan mobil ketika perjalanan pulang dari banyumas ke jakarta. Eh itu pulang. apa berangkat yah…

Di daerah karang pucung, setelah majenang, ada jalan lurus tetapi ada tanjakan kecil banget atau jalan melembung karena jembatan sehingga kalau ada kendaraan dari arah berlawana nggak akan kelihatan. Nah kalau malam lebih parah lagi.

Aku yang lagi dalam kecepatan 100anhampir aja tabrakan di sana. Tinggal jarak sekitar 75meter aku baru tau kalau ada mobil arah berlawanan. Aku rem ada sekitar 50meter roda udah ngunci pasti mbikin bekas dijalan aspal. Mobil lawan arah juga aku denger bunyi remnya udah ngunci di

Gilanya baru jarak sekitar 2meter berhadapan sama mobil baru berhenti.

Ahlamdulillah, nggak tabrakan. Tapi menyisakan kenangan yang kurang menyenangkan. Ditambah dengan omelan dari penumpang mobil sana. Karena posisiku yang kebetulan di jalurnya. Tapi kondisi jalan mbikin maklum dan nggak sampai ribut antara kami.

Kemudian rasa penasaranku muncul karena setauku ngerem itu kalau roda ngunci itu harusnya nggak sejauh kemarin. Dan ternyata eh ternyata, mobilnya nggak ada ABSnya pada remnya.

ABS atau auto breaking system itu sebuah alat tambahan yang membuat rem itu ketika ngunci kampas remnya menjadi seterusnya ngunci tetapi ada dilepaskan kuncian kampas remnya secara teratur dan cepat. Sehingga permukaan rodan yang menempel ke aspal selalu berganti sehingga akan menambah cengkraman ke aspal.

Beda kalau ngunci terus, permukaan roda yang menempel ke aspal tak akan berganti sehingga akan mlarak. Cengkraman ke aspalpun hanya sekali saja. Setelah itu mlarak sehingga mobil akan tetap meluncur walau roda sudah ngunci.

Itu sangat berbahaya, yaitu jika jarak berhenti ada mobil pasti akan tabrakan, dan mobil bisa oleng karenanya sehingga walau cuma ngerem tapi bisa ngguling.

Yaaa tentang mobil dengan fasilitas ABS ini, kalau bisa beli mobil yang ada fasilitasnya, kalau nggak ya hati-hati bawa mobil yang nggak ada fungsi ABSnya.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Penulis: ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.