Laba-laba aneh dengan tempurung perisai segi empat lancip di punggungnya


Ini lagi aku menemukan seekor serangga yang sudah puluhan tahun nggak melihatnya lagi. Nggak tau deh apakah hanya ada di desaku atau tidak, tapi aku sampai hari ini hanya menjumpainya di desaku saja. Seperti ini penampakannya:

image

Sekilas ini tidak seperti hewan serangga tetapi dari dekat akan tampak kalau hewan ini adalah sejenis laba-laba yang hidup dengan memasang jaring layaknya laba-laba yang lain. Jika umumnya laba-laba itu perut agak membulat kemudian dikelilingi kaki sampai kepalanya maka ini hanya kelihatan seperti segi empat lancip berwarna orange dengan motif lancip-lancip di kanan kirinya.

image

Baru kalau badanya di balik akan kelihatan dia adalah hewan yang memiliki kepala, kaki yang kecil-kecil dan sebuah ekor berlubang rapat yang mengeluarkan jaring. Ukuran punggung tidak seimbang dengan ukuran bagian depannya, jadi kalau laba-laba ini sudah jatuh posisi terlentang maka tidak akan bisa lagi bangkit seperti kura-kura.

image

Karena bentuk badannya yang seperti itu dengan mudah aku pegang kanan kiri punggungnya da aku foto-foto. Lumayan buat namba koleksi pengetahuan tentang laba-laba walau aku sampai hari ini belum tau namanya.

8 Comments Add yours

  1. Maskur berkata:

    Nini-nini nggendong kasur

    1. ahsanfile berkata:

      Wakakakaa… meksa banget…
      kasure sapa sing lancip2 kaya kue

  2. uli berkata:

    Awas jadi sepidermeen….

    1. ahsanfile berkata:

      Ntar tinggal nyar marry jane aja li..

  3. Ippho Hamada berkata:

    ,,nama latinnya apaan tuh gan? di tempat ane masih banyak kewan kek gituan… (nini nini nggendong terbang) Metenggeng-Bojongsari-Purbalingga. dibalas ya gan…

    1. ahsanfile berkata:

      nini nini nggendong klasa kalii… nama latinnya gak tau

      1. Ippho Hamada berkata:

        ,,agan ini di daerah mana toh?

  4. Ippho Hamada berkata:

    ,,nama latinnya apaan gan..? di tempat saya masih banyak kewan kek gituan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.