Memfoto semut rangrang – Susah, sabar, digigit, dikeroyok sampai bikin orang pada heran


Siang ini aku menemukan pelajaran baru soal sebuah koloni semut yang tak terduga bahwa semut itu memiliki entah kecerdasan atau instinct yang luar biasa. Selain yang sudah diinformasikan oleh para ilmuwan soal semut rangrang ini, hal puar biasa lain yang membuatku karena untuk hewan sekecil dan sebanyak itu bisa seperti ini:

Semut rangrang itu bisa membedakan mana semut yang berasal dari satu koloni dan yang bukan. Jika ada semut berasal dari beda koloni mereka akan berkelahi sampai ada yang mati.

Bisa memperhitungkan jumlah kekuatan jika ada musuh. Jika mereka banyak maka mereka akan mengeroyok dan menyerang apapun yang dianggap berbahaya. Tapi jika jumlah mereka sedikit mereka memilih kabur dan melarikan diri.

Mereka jika sudah berhasil menggigit musuh (aku) akan berjuang sampai mati sambil mengeluarkan cairan dari mulutnya. Tapi jika belum berhasil menggigit mereka akan terus berlari menyelamatkan diri.

Mereka memiliki kesadaran untuk siapa yang akan berkorban atau menyerang musuh duluan. Seperti sudah punya kesepakatan, siapa yang paling dekat dia akan menyerang, sementara lainnya akan pergi menyelamatkan sarang atau telur-telur mereka.

Dan berikut ini foto-foto semut rangrang yang berhasil aku ambil barusan di sebuah taman belakang masjid. Beberapa waktu yang lalu ada seorang yang minta difotokan semut rangrang. Mungkin dia takut digigit semut ini he he he… tapi oke buatku karena aku juga menjadi penasaran sama semut ini karena ternyata susah dan butuh perjuangan untuk memfoto semut ini.

image

Ini foto semut rangrang yang sedang berhenti mengamatiku. Antena di kepalanya diangkat tinggi-tinggi sepertinya untuk memberitahu teman-temannya kalau ada sesuatu yang membahayakan. Karena nggak pakai lama, banyak banyak semut yang lain berdatangan.

image

Ini malah membuatku susah untuk memfoto fokus pada seekor semut. Harus sabar menunggj dan nggak bergerak agar mereka nggak lagi panik dan bubar karena gerakan-gerakanku dan kameraku.

image

Setelah tenang, barulah mereka hilir mudik lagi lewat di depan kamera tanpa curiga. Hanya sesekali berhenti memperhatikan ke arah kamera dan kemudian lewat lagi. Dan berikut foto-foto semut yang lebih fokus.

image

image

image

Saat aku mengambil foto-foto tersebut ternyata aku diperhatikan banyak orang karena kelihatan aneh. Jika aku berpikir sebagai orang-orang yang melihatku pasti akan heran, koq ada seorang yang tampangnya bukan orang gila tapi kelakuannya jengkang-jengkin di bawah pohon, berdiri lama tanpa gerak, jongkok lama sambil nungging…

Hadehhh… harap maklum ya… ini seorang lagi belajar fotografi tapi nggak pakai kamera dslr atau mirrorless… wakakaa…

Penulis: ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..

12 tanggapan untuk “Memfoto semut rangrang – Susah, sabar, digigit, dikeroyok sampai bikin orang pada heran”

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb… Fotonya bagus sekali. Walau tidak menggunakan kamera DSLR, hasilnya tetap menarik. Saya ingat ini menggunakan lensa mikro.Menajkubkan. Salut atas usaha gigihnya. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: