Cara panen, mengolah dan foto gambar tanaman sluweg !


Sore kemarin saya memanen sebuah tanaman yang ditempat saya namanya sluweg. Sejenis umbi yang mirip talas dengan pohon tunggal. Foto-foto di bawah ini urut menceritakan seperti apa sluweg dan bagimana cara memanennya dan contoh mengolahnya.

image

Itu adalah umbi sluweg yang sudah siap di masak apapun. Sudah dikupas dan dibersihkan. Tinggal menunggu kreatifitas kita untuk mengolahnya menjadi makanan yang enak. Dan berikut ini cara panennya, mulai dari awal sampai akhir.

image

Tanaman sluweg yang sudah siap panen adalah yang mulai menguning batang atau daunnya. Kalau kondisi seperti foto di atas masih terlalu muda, tetapi yang paling bagus adalah kalau sudah benar-benar menguning sampai batang.

image

Umbi di kedalaman 20cm di bawah permukaan tanah. Harus digali menggunakan cangkul di sekitar bawah batang sekira radius 30cm dari batangnya. Kemudian angkat batangnya dan terlihatlah umbi sluweg yang besar dan banyak akarnya.

image

Mulailah proses membersihkan umbi dari tanah kemudian kupas. Dianjurkan bersihkan tanahnya dulu baru dikupas agar ketika dikupas nggak belepotan tanah. Jadi lebib mudah ketika mencucinya.

image

image

image

image

image

image

image

21 respons untuk ‘Cara panen, mengolah dan foto gambar tanaman sluweg !’

  1. Wah umbinya ternyata tersembunyi di sana, ya. Beda dengan singkong, yang jadi umbi kan akarnya, ini yang jadi umbi justru pangkal batang dan akar-akar timbul menyelimutinya. Nanti umbi ini diolah menjadi apa saja, Mas? Ini menarik soalnya saya tumben mendengar tanaman sluweg :haha. Tulisan selanjutnya ditunggu :)).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.