Tips menjaga kesehatan setelah terkena banjir !


Kalau ingat kejadian 2 tahun kemarin, kayaknya agak nggak berani main-main sama air banjir jakarta. Sepertinya kandungan bakterinya super ngeri, sampai kena kulit jadi nggak baik.

Aku ingat banget pas pulang mancing di kepulauan seribu, sampai jkt hujan gede banget. Jalanan kaki kerendem sampai di atas mata kaki. Kebetulan ada luka kecil kegores saat mancing. Cuma sela 3 hari kakiku jadi nyenyeh, bisul nongol di sana sini gak gak mengering lukanya.

Sama dokter sudah didiagnosa penyakit gula. Tapi ternyata infeksi bakteri dari luka kulit. Sama dokter cuma dikasih salep kulit dan wejangan hidup : jadilah laki-laki yang menjaga kebersihan, jangan kemproh ya mas. Jlebb….. aaaaaaaaa

Nhaa agar tidak terulang kejadian yang sama, kemarin pas banjir jakara 2017 dan aku nggak bisa menghindarinya, harus menerobosnya dan harus kecobrokan dalam air banjir yang kotor sekali. Berikut ini tips menjaga kebersihan badan ketika kena banjir.

JANGAN TAKUT MENEROBOS BANJIR

Itu di depan saja air setinggi 30an cm sampai setengah meter persis di depan rumah saya tempati. Saya harus berangkat kerja dan gak boleh terlambat sampai tempat kerjaan. Cincingkan celana sampai batas aman. Pakai mantel dan terobos saja.

RELAKAN APA YANG HANYUT, UTAMAKAN KESELAMATAN

Sandal, saking derasnya banjir di jalan sampai hanyut. Relakan saja daripada ngejar sandal malah kotor semua. Tetap cari posisi aman ketika bawa kendaraan pas di banjiran. Jangan sampai masuk lubang disaat jalanan sama got tidak jelas batasnya. Di saat lubang di jalanan tidak kelihatan.

Saya milih nyeker sampai tempat kerja. Sandal biarlah entah dimana yang penting baju tetap bersih. Standarnya nanti baju masih bisa dipakai untuk sholat berarti masih bersih.

CUCI BERSIH BAJU BADAN YANG TERKENA AIR BANJIR

Ini untuk membersihkan kalau-kalau ada bakteri atau kuman atau kotoran yang menempel. Ingat kalau banjir itu isi got tumpah ruah hanyut bersama air banjir.

Oh iya, celana sampai sobek pas dicincing. Gak apa yang penting bersih dan kering. Pokoknya cuci bersih badan yang kena air banjir, muka, tangan dan kaki. 

Jangan langsung pakai sepatu agar nggak bau, tunggu sampai kering bener. Pasti maklum lah semua orang karena lagi banjir. Pakai sandal sementara di kantor nggak apa-apa pastinya. Oh iya ini video saya ngadepin banjir tanggal 21 feb 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.