Pertanyaan logis : Minum es akan menggumpalkan lemak sehingga menyumbat pembuluh darah ?


Lamaaa banget nggak ngepost. Kayaknya awal tahun 2018 deh. Jangan ditanya kenapa lama nggak nulis, yang jelas itu salah satu siklus seorang blogger, kadang sehari bisa belasan tulisan, kadang setahun 2 tahun cuma 1 tulisan πŸ˜„πŸ˜„. Eh 😧😧😧

Dan kayaknya kali ini aku terpaksa nulis karena ada hal yang bertentangan dengan logika dan banyak orang yang membahas kesehatan minum dingin saat makan. Dan yang jadi masalah adalah orang-orang yang kadang makan bareng.

Katanya kalau makan sambil minum dingin itu nggak sehat, karena akan menggumpalkan lemak, sehingga menyumbat pembuluh darah. Ini yang aku menemukan pertentangan logika fisika, biologi, kimia dan psikis di sini.

Fakta : ketika lemak di kasih air es, maka lemak akan menggumpal

Kepercayaan : minum dingin itu tidak dianjurkan karena akan menggumpalkan lemak sehingga bisa menyumbat pembuluh darah. Ada yang bilang lagi akan susah di cerna.

Pertanyaanyaku begini : Kapan lemak yang menggumpal akan memyumbat pembuluh darah?

Kondisi bilogis:

1. Ketika makanan berlemak dan minum dingin, mereka akan bertemu di saluran pencernaaan, lambung. Akan ada proses pencernaan dimulai dari reaksi asam lambung sampai dengan penyerapan oleh usus, kurang lebih 2 jam lama proses sampai dengan sari makanan masuk tubuh

2. Ada proses penyesuaian suhu makanan untuk disesuaikan dengan suhu tubuh di dalam.

3. Dinding-dinding alat pencernaan tersusun dari otot-otot khusus yang untuk mencerna, mulai dari menghancurkan makanan, menyerap sari dan menyimpan ampas sementara.

Logika yang tidak match antara fakta, kepercayaan dan kondisi biologis

Apa yang dilakukan lambung ketika menemukan lemak yang menggumpal karena minum dingin ? Tidak bisa mencerna ? Sehingga bablas ke usus kemudian diserap dalam keadaan menggumpal sehingga masuk ke peredaran darah dan menyumat pembuluh darah ? Logis ?

Bagaimana dengan kalau kita makan yang keras dan mengandung lemak ? seperti coklat keju ? Atau apalah yang banyak lemaknya ? Kemdian akan bablas juga di lambung sampai masuk ke usus dan masuk ke penyerapan ? Logis ?

Oke, sekarang jelaskan lebih mengumpal mana lemak di keju sama lemak yang kena es ? Keduanya masuk tubuh dan di cerna. Pernah dengar kabar kalau ditemukan keju dalam pembuluh darah ? Yang ada itu lemak menggumpal dalam pembuluh darah.

Kapan lemak yang menggumpal dalam pembuluh darah ?

Fakta : ketika lemak sudah dibawa oleh darah dalam proses distribusi ke seluruh tubuh,

Kepercayaan : ketika makan dan minumnya dingin akan menggumpalkan lemak dan menyumbat pembuluh darah.

Perdebatan: Coba buktikan, kalau kita cuci tangan habis makan, pakai air dingin pasti lebih susah bersih dari pada kalau air anget. Nhaa begitu juga di tubuh, kalau kita minum dingin lemaknya akan susah di proses, cenderung menggumpal soalnya.

Kesimpulan : perlu diluruskan kepercayaan ini, jangan memakai logika menyampurkan lemak di dalam gelas dan dikasih air es. Lemak akan menggumpal dan disimpulkan akan menyumbat pembuluh darah.

Sebuah proses dan cara kerja yang berbeda waktu. Dan ada kemampuan tubuh untuk mencerna berbagai jenis makanan dari mulai cairan sampai benda padat seperti keripik dan peyek.

Oh iya soal suhu makanan sebenarnya ada dari ajaran dalam agama islam tentang suhu makanan yaitu untuk makanan tunggulah agar tidak dalam kondisi panas ketika dimakan. Ini lebih sesuai dengan fakta dan kondisi bilogis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s