Debian familly on enteprise stack : Installer keluarga .deb tersedia lagi di platform besar!


Gak sengaja, agak sedikit niat sih, mo install java 15, pas mo download installernya ada versi untuk linux debin lho. Dulu terakhir kayaknya pada versi java 7 terakhir ada. Sejak versi 8 gak ada installer untuk khusus linux debian familly. Jadi kudu manual install dari versi general linux .tar.gz.

Kira-kira kenapa ?

Saat ini ubuntu adalah top : most popular linux server cloud dan juga untuk desktop, dibanding linux yang lainnya. (kalau red hat familly itu top untuk server enterprise ya, bukan untuk umum, jadi sama-sama terkenal tapi beda dunia)

Masih gak mudeng untuk terkenalnya gimana?

Lihat pasar truck di indonesia, untuk ukuran besar merek yang paling terkenal adalah hino 500 untuk saat ini. Ini untuk kalangan bisnis bus dan truck kelas besar, hino 500 adalah model paling terkenal. Tapi untuk truck kelas kecil ? yang sangat terkenal adalah mitsubhisi canter. Kedua truck ini adalah raja jalanan di kelasnya masing-masing.

Balik lagi ke installer linux debian!

Jadi saya adalah pengguna linux debian sejak 2007 yang lalu, sejak saya awal-awal kenal dunia program yang lebih serius. Linux sudah saya pakai untuk menggantikan windows yang aku menemukan banyak masalah ketika  memakainya.

Jadi intinya sekarang hampir semua installer software besar ada versi buat linux debian. Gak repot-repot lagi install dari versi general linux.

Penulis: ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.