060122 – Ada tanaman sayur, datanglah lebah – belalang – ngengat – kepik sampai hama dan tikus berdatangan!


Awalnya saya coba-coba… lha koq enak… besoknya saya coba lagi… lha koq makin enaka… wekekekekeek….

Bayangin dari seorang programmer yang tiap hari pegang pc notbook kemudian bercocok tanah. Dua buah bidang keilmuan dan praktek yang sangat berbeda.

Aku awali dengan menananm kancan ijo. Praktikal termudah yang diambil bapak ibu guru untuk anak didiknya praktek biologi. Dan hasilnyapun lumayan buatku, diluar ekspektasi, sekarang halaman samping rumah udah ijo dan rimbun banget oleh tanamana kaacang ijo. Sudah panen dan dibubur, daunnya tak masak lodeh.

Kemudian kacang tanah, dengan beberapa kali percobaan menanam, akhirnya tumbuh juga cukup subur. Hama pertama adalah semut merah. Dia makanin biji kacang yang mulai di tanam, jadi gak sempat numbuh.

Percobaan ketiga nanam jagung, gak semua biji tumbuh karena kontur tanah yang asam karena ada di emperan rumah jadi sering tersiram air hujan dan yang tumbuh beberapa aja.

Kemudian secara serius membaca tentang olah tanah dan menanam sayuran palawija. Maka akupun beli bibit timun, kacang panjang, pare, oyong, labu, cabe, kecipir dan lainnya.

Pas tulisan ini aku buat, aku telah menanam:

  • Kacang ijo, ini sukses banget, hampir gak kena hama sama sekali. Masalah yang aku hadapi cuma nanemnya terlalu rimbun jadi pembagian gizi tanaman gak imbang.
  • Jagung, aku nanam gak ada yang tumbuh untuk pertama kali, untuk percobaan kedua tumbuh beberapa saja, tapi yang tumbuh subur-subur dan bijinya besar.
  • Timun, dari belasan bibit yang aku tanam yang tumbuh subur 2 pohon dan yang lainnya kurus, bahkan beberapa aku cabut karena gak tega aku liat
  • Kacang panjang, sudah ada sekitar 10 pohon , udah mulai berbuah

Penulis: ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..

Satu komentar pada “060122 – Ada tanaman sayur, datanglah lebah – belalang – ngengat – kepik sampai hama dan tikus berdatangan!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: