100122 – Tips naik kereta api kelas bisnis agar bisa ngadep depan saat jalan!


Pernah gak naik kereta api bisnis kita dapetnya malah mundur saat kereta berjalan ?

Bagi pelaku PJKA = Pulang jumat kembalia ahad, pasti naik kereta adalah pilihan yang oke untuk saat ini karena jadwal yang teratur dan tepat waktu serta lebih tenang karena gak perlu turun naik saat makan sepert saat naik bus. Perjalanan juga lebih cepat untuk di pulau jawa dengan selisih waktu yang gak jauh beda dengan bus.

Tapi ada hal yang kurang nyenengin yaitu desain kursi kelas bisnis tepatnya kereta premium yaitu separoh kursi itu menghadap berlawaan jadinya berasa mundur saat kereta jalan. Bagi orang lain mungkin gak masalah tetapi bagi penikmat perjalan itu gak asik ketika dapet dipinggir, kereta jalan saat siang. Jadi pemandangannya itu mundur. Gak sosmedable banget. Yaa karena sekarang apa-apa itu sharenya ke sosmed untuk pencitraan atau sekedar mengenah atau keperluan lain.

Duduk dan keretanya berasa mundur itu gak asik!

Tapi setelah bebeapa kali aku mempelajari pola dari posisi tempat duduk ini ternyata bisa diambil kondisi kita bisa memilih nomor tempat duduk yang nantinya akan ngadep depan ketika kereta berjalan.

  1. Ambil nomor duduk 1 sd 10 untuk keberangkatan menuju jakarta
  2. Ambil nomor duduk 11 sd 20 kalau keberangkata menuju daerah
  3. Ambil nomor duduk 11 sd 20 yang berangkata menuju jakarta tetapi ada langsir berganti posisi lokomotif

Karena ternyata dari setting awal, nomor kursi 1 sd 10 itu menghadap depan ketika berangkat ke jakarta. Misal saya ini dari malang menuju jakarta baik senen ataupun gambir, maka saya pilih nomor duduk 1 sampai 10, dans sebaiknya nanti jika pulang ke malang saya akan ambil tempat duduk 11 sampai 20. Sudah 2 tahunan ini pola ini saya pakai dan berhasil mendapatkan posisi duduk yang menghadap sama dengan arah kereta perjalan

Untuk pecinta window, pilihkah tempat duduk yang seri A dan D.

Kaya saya suka merekam pemandangan sawah yang hijau saat kereta berjalan dari window, saya akan pilih temapt duduk A atau D. Misal dari malang berangkat pagi arah jakarta, maka pilihkan nomor duduk 1A sampai 10A pemandangannya akan laut utara. Untuk D nanti akan lebih banyak pemandangan sawah dan gunung-gunung.

Kalau kereta ekonomi yang seatnya 3 – 2 dimana. dimana hadap-hadapan per dua bangku, bukan per separoh bangku gerbong ?

Sama prinsipnya, yaitu arah jakarta ambil nomor ganjil misal 1 3 5 dan seterusnya. Arah daerah ambil nomor genap seperti 2 4 6 dan seterusnya. Kemudian untuk mendapatkan kursi yang seat 2 di kereta ekonomi maka ambil yang sebelah kanan, kemanapun arahnya, karena posisi kiri itu untuk yang seat 3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.