Untungnya gak ada Ikatan Developer Indonesia, gak ada pemecatan anggota ketika ada programmer bikin inovasi dan laku!


Semoga tulisanku ini tidak diterima sebagai penggiringan opini. Hanya merangkai fakta-fakta saja kemudian harapan. Karena dijaman UU ITE ini kadang aneh, beberapa orang bisa berpendapat bebas sekali tapi di lain pihak kaya orang itu ngomong sedikit aja bisa kena pasal. Jadi tulisan ini tidak menyalahkan pihak siapapun lho ya.

Fiuh… mo nulis aja merasa gak nyaman…

Sebelum membahas judul tulisan ini, aku mau komentar dikit mengenai ribut-ribut pemecatan Dokter Terawan oleh IDI. Case yang terjadi Dokter Terawan sedang mengembangkan vaksin nusantara, membuat inovasi pengobatan struk dengan cara cuti otak. Dua hal besar ini yang sedang jadi pembahasan ramai di media.

Kenapa dipecat, karena katanya Dokter Terawan gak memenuhi kode etik. Trus inovasi Dokter Terawan itu bagus atau tidak ? Fakta sudah ada pasien yang sembuh, vaksin nusantara bagus di negara lain.

Kode etik itu apa sih ? Adalah semacam aturan yang dibuat dalam bentuk urutan administrasi tertulis dan non tertulis yang harus dipenuhi dan disepakati oleh sekumpulan orang agar merasa kumpulan tersebut akan baik-baik saja.

Trus dokter itu profesi dengan tujuan apa ? Kalau menurutku sih sebuah profesi untuk membantu human ketika mengalami sakit kemudian atas kerja lelahnya bisa dibayar.

Ketika ada dibayar-dibayar ini sifat manusia lahir. Seseorang akan keluar sifat aslinya ketika berhubungan dengan uang. Ada yang mendedikasikan untuk kebaikan human, ada yang menjadi tamak untuk dirinya sendiri, ada yang iri dengki jika ada orang lain mendapatkan uang. Hanya 3 sifat manusia tersebut yang muncul.

Seharusnya sih jika ada orang yang menemukan sesuatu yang bermanfaat untuk kebaikan human, ya segera kembangkan, terapkan dan perbaiki bersama-sama. Jangan karena iri dengki terhadap penemu sehingga penemunya dibuat susah hidup dan penemuannya menjadi acaman untuk para pencari uang.

Kalau ada orang yang dalam naungan sama melakukan kesalahan, perbaiki orang tersebut dengan sebaik-baiknya. Orang yang sudah masuk dalam sebuah ikatan itu sudah pasti memiliki nilai aset yang tinggi. Susah mendapatkan gantinya.

Kecuali jika orang tersebut berpaling menimbulkan kerusakan pada human. Maka segera hentikan dan cegah melakukannya lagi.


Dan untungnya, di dunia developer, gak ada ikatan sih, jadi kalau ada seorang programmer menemukan inovasi yang menghasilkan duit, dia gak akan dikucilkan dan dibuang. Paling banter adalah idenya ditiru dan dimodifikasi oleh programmer lain untuk membuat lahan duit baru yang lain.

Contohnya whatsapp lahir dari kekurangan BBM yang kurang fleksibel load dan free. Instagram lahir dari kekurangan facebook mengenai posting gambar. Twitter lahir dari kekurangan blog yang terlalu panjang hanya untuk share unek-unek yang simpel. Tiktok lahir dari kekurangan youtube yang video-videonya panjang dan tidak terlalu ekspressif untuk fasilitas filter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.