Lho kenapa ? Bukankah itu cita-cita semua orang. Memiliki produk yang bagus dan sempurna, akan laku dijual dan pasti diminati banyak orang ?
Iya, benar itu pemikiran orang otak kiri yang teknis, tetapi gak begitu buat orang-orang pebisnis. Cuma beberapa kondisi saja akan menemukan produk yang kualitas bagus, sempurna.
Ambil sample seperti ini: Bisnis otomotif, jika kendaraan didesain tahan lama, maka gak akan untung karena pembeli akan sekali beli. Tetapi kita liat, beberapa bulan sekali pasti harus service. Bahkan industri jasa service ini jauh lebih menjanjikan daripada industri produksi dan pemasaran kendaraannya sendiri. Kita liat bengkel, yang resmi berapa, yang gak resmi berapa. Sementara penjualan, hanya beberapa saja. Liat di kota kita tinggal, showroom penjualan dibawah angka 5 tempat. Tetapi bengkel… melimpah dan puluhan jumlahnya. Artinya jasa bengkel banyak konsumennya. Ada konsumen pasti ada uang. Itu rumusnya.
Industri sotware, produk bagus yang tahan lama dan usefull berapa ? setauku sampai hari ini hanya macbook saja begini. Selain itu ? angka ekonomisnya sekarang gak sampai 5 tahun itu sudah obsolete.
Contoh lain di industri software enterprise. F5, ngeluarin load balancer, bagus, tahan, tetapi ternyata konsumen cukup beli sekali karena ketahanannya yang sangat bagus. Apa cukup membiayai karyawan dengan konsumen sekali beli ? Secara long term bisnis menjual produk yang sudah mature ini gak bagus.
Jadi gimana ? Kita kan pengin dapat produk yang bagus!