Bunga enceng gondok itu bagus juga lho !


Tak disangka, selama ini kesan tanaman enceng gondok itu menyebalkan dan mengganggu sehingga harus dibuang dan dimusnahkan. Tetapi tadi, aku melihat bunga tanaman enceng gondok itu koq bagus ya ? Jauh dari kesan tanaman yang mengganggu dan harus di musnahkan. Nih dia bunganya.

image

Bagus kan bunganya ? Mirip dengan bunga yang dulu pernah aku tulis di sini.

image

Tanaman enceng gondok yang aku foto itu bukan di perairan yang luas atau di kolam atau di saluran air, tetapi di tanam di pot. Cuma beberapa batang saja dan sudah ada bunganya. Beda sama kalau yang ada di perairan luas, cuma daun dan lebat sekali. Ini batang-batangnya dikit dan tidak terkesan sebagai tanaman yang mengganggu.

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Memfoto lebah madu sedang menghisap madu itu sesuatu banget !


Lagi lewat di halaman belakang, ada yang menarik perhatianku yaitu beberapa ekor lebah sedang menclok di bunga.

image

image

image

Memfoto lebah itu agak menegangkan karena khawatir lebah itu menciumku. Soalnya ciumam lebah itu nyosss banget rasanya. Baru 2 atau 3 hari bekas ciuman lebah akan hilang. Jadi jangan coba-coba untuk merasakan ciuman lebah !

Note:
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Siang hari itu cocok sekali minum air kelapa muda – Tentang perbedaan manggar, beluluk, cengkir, dawegan dan kiring !


Cerita Ke 3 Liburan Pertama 2014

Tulisanku akhir-akhir ini akan banyak diwarnai oleh hari-hariku semasa liburan cuti. Kali ini tentang kelapa muda yant aku sendiri dari mulai dulu menanam, sekarang memetik dan memakan kelapa mudanya… Sungguh nikmat sekali. Ini kelapa mudanya, dari jenis kelapa hijau yang rasa airnya manis banget.

image

Memilih yang enak !
Sebelumnya ini tentang cara memilih kelapa muda yang sudah dan masih enak untuk dimakan sebagai kelapa muda. Lihat gambar-gambar berikut ini:

image

Itu adalah bunga kelapa yang masih kecil sekali, namanya beluluk kalau ditempatku. Ukurannya paling sebesar biji duku. Beluluk ini mudah jatuh dan nggak enak sama sekali. Tetapi ada manfaatnya yaitu sebagai obat bengkak, yaitu dipanaskan ntar akan keluar seperti minyak di kulitnya, nah minyak ini dioleskan ke bagian tubuh yang bengkak.

image

Kalau yang ini namanya cengkir, sudah berbentuk kelapa tetapi baru kerangkanya saja, hanya ada bakal kulit, bakal batok dan bakal airnya. Ini rasanya sepa, nggak enak.

image

Kalau yang ini namanya jga masih cengkir, tetapi sudah lebih besar, sudah ada air dan bakal kelapanya, tetapi batoknya masih renyah sekali. Jadi dulu kalau terpaksa nggak nemu kelapa muda yang enak, batoknya yang aku makan, soale batok kelapa yang masih seperti ini renyah dan manis. Air kelapanya malah nggak enak.

image

Nhha yang enak itu yang seperti ganbar di atas ini, sudah besar dan warnanya sudah nggak pucat. Yang seperti ini yang bisa kita makan sebagai kelapa muda. Batoknya sudah keras, airnya manis dan daging kelapanya sudah ada dan masih amoh atau lunak, rasanya juga manis. Kalau di petik jadinya seperti gambar pertama dalam tulisan ini.

image

image

Berikutnya adalah mengupas, lebih tepatnya nggepuk kulit kelapa yany juga masih muda untuk diambil airnya. Aku dari dulu kalau nggepuk kelapa muda biasanya pakai sejenis golok yang ada cembung bagian tengahnya atau biasa disebut dengan kudi.

image

image

Sampai berlubang seperti ini, aku langsung tenggak aja dari lobang kelapanya kemulutku. Rasany puas banget kalau minum langsung dari lobangnya.

image

Setelah airnya habis di tenggak, langsung aja dibelah kelapa mudanya untuk diambil daging buahnya. Ngeruknya dulu pakai kulit kelapa yang dibuat seperti sendok, kalau sekarang ya pakai sendok tinggal ambil dari rumah.

image

Kaya gini neh kalau sudah dikeruk daging buahnya, seger sekali buatku, tinggal diemplok satu-satu. Rasanya empuk dan manis. Gambar di atas adalah sedang dimakan oleh si kecilku yang nurunin sifatku yang suka makanan dan buah alami.

image

Angkat pakai tangan dan emplok semua, nikmati satu-satu sampai habis. Dan ntar kalau sudah habis ya seperti foto di bawah ini, bersih daging buahnya.

image

Oke sampai di sini sudah selesai menikmati buah kelapa mudanya, ini pengalamanku nostalgia masa-masa ketika masih hidup di tempat yang asri, sebuah pedesaan yang masih alami dalam banyak hal.

This Article Belong To Ahsanfile Project !

Bisnis budidaya rempah pala, satu biji harga sampai 1.000 rupiah !


Ini edisi sharing informasi peluang usaha bisnis di bidang pertanian. Jika kemarin-kemarin yang lagi ngetren adalah budidaya kayu tahunan seperti sengon, kalbe, jati, jabon dan sejenisnya. Menurutku ada yang lebih prospek karena sudah aku amati lebih dari 4 tahun ini harga jual nggak pernah turun, bahkan cenderung naik. Ini dia fotonya :

image

Itu adalah biji pala, sebuah rempah yang hampir sebagian besar jenis makanan menggunakannya sebagai bumbu. Harganya perbiji ditempatku Rp 1.000, sangat menjanjikan untuk dibudidayakan. Satu pohon yang sudah tinggi sekitar 5 sampai 7 meter sudah bisa menghasilkan 100 sampai 200 biji setiap panen.

image

Menarik kan ?

Usia produktif pohon pala sekitar 3 tahun sudah berbuah dengan tinggi 4 meter. Berbuah paling 10 sampai 15 biji per pohon. Dan akan semakin banyak jika usianya semakin tua. Di tempatku ada pohon yang usianya sudah 10 tahun bisa menghasilkan 300 biji sekali panen.

Tinggal dikalikan saja jumlah pohon yang ada di kebun dengan bijinya. Dan aku yakin nanti harga akan semakin mahal karena peningkatan jumlah kebutuhan dengan perkembangan ekonomi yang saling mendukung. Harga kemarin turun pada nilai terendah menjadi Rp 700  karena sedang musim panen. Strateginya adalah dijual pada musim pertengahan panen karena sifatnya bisa diawetkan.

Tentang buah pala ini sudah pernah aku tulis sebelumnya mengenai bibitnya, kali ini tentang harganya di pasaran. Buah pala ini dari mulai bunga, kelopak buah, kulit buah sampai buahnya punya harga sendiri-sendiri.

image

Untuk masa panennya itu utamanya adalah setahun dua kali untuk jumlah besarnya, tetapi yang aku juga heran pohon pala ini berbuah terus menerus, jadi dalam satu pohon pasti ada bunga dan ada buahnya yang sudah besar, tetapi nanti ada masanya berbuahnya serentak dan dalam jumlah banyak. Siklusnya ada yang terus menerus tetapi sedikit-sedikit dan ada yang banyak setahun dua kali.

image

Bunganya yang jatuh dikumpulkan kemudian keringkan dengan cara dijemur. Kalau banyak dikumpulkan dengan yang sudah kering sebelumnya sampai banyak.

image

Begitu juga dengan kulit luarnya, selain laku dijual untuk membuat manisan, juga dikeringkan untuk diolah menjadi bumbu rempah lain.

image

Untuk buahnya sendiripun dijemur dulu sebelum dijual. Buah dipisahkan antara kulit luar dengan isi bijinya, kemudian selaput buah yang berwarna merah juga dipisahkan, harganya juga lainnya yaitu setiap 1 kilo biji, selaput merahnya dapet 1 ons, harganya sekilo selaput pala Rp 140.000. Sementara untuk kulit buahnya sekilo kering harganya Rp 2.500.

Kemana buah pala dijual ? Kalau ditempatku bisa ke pasar atau kadang ada orang yang mencari ke rumah-rumah. Kalau dalam jumlah banyak seperti oleh ayah ibuku biasanya dijual ke pasar. Kalau jumlah sedikitnya dikumpulin dulu sampai banyak.

This Article Belong To Ahsanfile Project !

Foto gambar pohon buah klewih – Buah yang paling enak untuk di masak sayur lodeh !


Pernah bikin sayur lodeh ? Pasti untuk yang berasal dari pulau jawa/sumatera ngerti masakan sayur lodeh. Nah salah satu bahannya adalah buah nangka yang masih muda. Tapi tahukan bahwa buah klewih itu lebih enak untuk disayur lodeh dari pada buah nangka ? Niha dia buahnya l:

image

Buah klewih ini untuk pohon dan bentuk daunnya lebih mirip dengan buah sukun atau klewek. Untuk buah suku, bedanya hanya di bentuk buah dan ukuran bunganya saja. Untuk bentuk pohon dan daun agak sulit untuk dibedakan. Pohon klewih kaya gini penampakannya:

image

Dulu buah klewih aku sering cari untuk dimasak dengan cara di kuah santan. Tapi sayangnya cukup jarang di daerahku sehingga terhadap buah sayur yang satu ini aku mngistimewakannya sebagai buah langka. Dan sekarang pun ternyata langka.

Buah klewih ini proses tumbuhnya sama dengan sukun, bentuk bunga, bentuk kelopak bunga, bentuk tangkai buah juga sama persis. Dulu aku pernah bercerita tentang pondel, yaitu bunga sukun atau klewih yang jantan yang sudah jatuh ke tanah dan kering. Gambar di bawah ini adalah calon buah betinanya yaitu yang ntar bakal jadi buahnya:

image

Jadi setiap ujung ranting yang akan tumbuh buah, disitu juga tumbuh 2 jenis bunganya yaitu bunga jantan dan bunga betinanya. Gambar sebelah kiri yang seperti ular hijau itu adalah bunga jantan, sementara yang di dalam kelopak adalah bunga betinanya. Fungsi buah jantannya adalah untuk menghasilkan serbuk sari untuk membuahi bakal buah yang nyat kalau sudah selesI tugasnya akan jatuh ke tanah dan seperi ini gambarnya:

image

Setelah beberapa hari, buah klewih akan semakin tua dan besar. Ukuran yang bisa dimasak itu yang diameternya kira-kira sudah 10cm s.d 12cm. Kalau lebih dari itu sudah terlalu tua dan udah alot.

image

Kalau yang sepert ini masih terlalu muda. Warnanya pun masih cerah sekali. Yang sudah bisa dimakan itu yang seperti ini:

image

Buah klewih itu aku baru tau kalau klewih itu paling enak kalau di sayur lodeh. Dari pada di tumis atau di santan, sebagai pengganti nangka pada sayur lodeh. Itu rasa lodehnya jadi lebih lezar dan lebih kental. Ntar kalau aku dapet buah ini aku upload proses membuat lodeh dengan buah klewih ini deh…

This Article Belong To Ahsanfile Project !