Gambar sayur daun ubi tumbuk dari daun singkong karet – daunnya lebar dan lebih enak rasanya


Kalau lagi pulang ke rumah di banyumas, salah satu makanan sayur favorit adalah sayur daun ubi. Tapi bukan daun ubi biasanya yaitu yang kecil-kecil, melainkan daun ubi karet. Atau di tempatku namanya lobak maret atau singkong karet. Kaya gini nih gambar dan singkongnya:

Bentuk daunnya persis banget daun karet yang lebar-lebar. Rasanya juga lebih lembut dari daun singkong biasa. Ukuran daunnya yang lebar ini lebih memudahkan ketika mengolahnya karena. Nggak seperti daun singkong yang kecil-kecil, agak njlimet ketika mritilin untuk dibersihkan.

Sekedar untuk diketahui singkong yang jenis ini tidak mengasilkan umbi yang besar seperti ketela apapun yang daunnya kecil-kecil. Kemudian kandungan cianidanya juga lebih tinggi. Kalau daun singkong jenis kecil dikasih ke kambing nggak apa-apa, jenis yang daunya lebar ini bisa-bisa kambingnya mati walau memakan beberapa lembar saja.

Lha trus koq bisa dikonsumsi manusia ? Malah lebih enak untuk di sayur ? Tenang, setelah proses perebusan sama seperti daun singkong yang kecil, sudah aman untuk dikonsumsi koq. Sudah ilang tuh kandungan sianidanya.

Nggak usah khawatir, aku adalah konsumen daun singkong ini sejak kecil sampai sekarang masih baik-baik saja. Asal direbus dulu sebelum dimasak, insyaAllah aman.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Cerita Anak SD Mandi Disungai – Nggak Pakai Baju – Nggak Pakai Malu !


Itulah saya bersama kawan-kawan SD dulu. Salah satu aktivitas kalau libur sekolah adalah bermain di alas yang jauh dari rumah. Entah cuma bermain, sambil repek atau ngarit, biasanya ada acara kunclungan atau berenang di sungai di kedung atau lubuk yang dalam. Seperti yang dulu pernah aku ceritakan sebelumnya, jangan bayangin kondisinya itu kayak jaman sekarang. Lingkungan alamnya masih sangat asri dan anak-anak sejamanku belum terkontaminasi sama hal-hal pornografi.

ahsanfile-kedung-silumbung

Eh, foto di atas mungkin terlalu serem untuk mbayangin anak kecil berenang di situ. Kesannya airnya dalam banget dan terlalu liar. Tapi coba lihat foto sekitar jarak 50 meter dari kedung di atas Lanjutkan membaca “Cerita Anak SD Mandi Disungai – Nggak Pakai Baju – Nggak Pakai Malu !”

Usaha bisnis budidaya tanaman lada – merica


Lada atau merica adalah kebutuhan sehari-hari yang selalu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bumbu masak, minuman, obat-obatan sampai untuk dijual. Nggak pernah ada penurunan marginal penggunaannya sama seperti bahan makanan lain misalnya cabe, minyak goreng. Selalu dicari orang walau harga naik turun.

ahsanfile-tanaman-lada-merica

Nah kali ini aku mau sedikit berbagi pengalaman mengenai budidaya lada atau merica di kebunku. Nggak banyak sih, cuma satu pohon kadang bisa menghasilkan sampai 10Kg lada. Lanjutkan membaca “Usaha bisnis budidaya tanaman lada – merica”