Sarapan pagi yang enak – Menu lontong sayur dengan kuah labu, telur bulat dan tahu untuk pagi ini


Ini alternatif dan solusi praktis kalau bangun kesiangan, nggak usah panik untuk merasa bersalah belum masak atau belum belanja sayur. Ajak keluarga bawa piring atau mangkok satu-satu dan berbaris duduk di beranda rumah sambil nungguin abang jualan lontong sayur lewat depan rumah. Kalau sudah lewat, cegat ramai-ramai dan pesan lontong sayurnya.

image

Lanjutkan membaca “Sarapan pagi yang enak – Menu lontong sayur dengan kuah labu, telur bulat dan tahu untuk pagi ini”

Poster Rangkuman daftar manfaat jus dan buah-buahan segar untuk kesehatan tubuh manusia !


Harus kita akui, orang yang peduli keseimbangan asupan gizi itu di indonesia sangat sedikit. Bahkan saya yakin kita, termasuk orang yang hanya peduli sama rasa yang enak dan kenyang. Pola makan dan kondisi kita selama ini masih jauh dari kata “sehat” karena jarang sekali ada yang perhatian.

Termasuk di warunf makan, rumah makan itu jarang yang menyediakan menu sehat. Yang ada hanya menu enak dan menu kenyang. Itulah kenapa kita tiap hari makin sering melihat orang yang masih muda sudah struk, belum tua banget sudah komplikasi penyakit ini dan itu, dan kita juga merasa tubuh kita tiap hari semakin lemah.

image

Dalam artikel ini aku mau share sebuah daftar manfaat buah-buahan yang ada di sekitar kita sebagai pengingat yang mudah untuk bisa konsisten konsumsi buah setiap hari, berikut rangkuman daftar buah dan manfaatnya: Lanjutkan membaca “Poster Rangkuman daftar manfaat jus dan buah-buahan segar untuk kesehatan tubuh manusia !”

Foto gambar ikan asin – Cara memilih ikan asin yang enak dan sehat !


Ingat ikan asin, ingat pula sebuah lauk yang sangat enak untukku. Sebuah lauk yang bisa membuatku nambah makan berpiring-piring walau hanya dengan ikan asin. Apa lagi jika di masak dengan kombinasi yang cocok, bisa bolak-balik ke dapur menghabiskan nasi.

Jenis-jenis ikan asin ukuran besar yang enak !

Kali ini aku mau share tentang ikan asin yang ukurannya besar-besar. Kalau biasanya ikan asinnya yang kecil-kecil sebesar lidi atau cabai, sekarang ukuran besar. Jarang aku makan karena mendapatkannya lebih susah dan harus lebih teliti memilih yang sehat, tanpa formalin.

image

Ini adalah ikan asin peda. Cocok sekali dimasak dengan cabe ijo dengan cara ditumis. Caranya dengan membuang kepalanya, badannya dipotong-potong kemudian digoreng terlebih dahulu kemudian ditumis bersama cabe ijo. Kalau di campur dengan petai bisa menghasilkan lauk yang sangat enak buatku. Bisa bolak-balik nambah nasi dan ngabisin nasi di dapur Lanjutkan membaca “Foto gambar ikan asin – Cara memilih ikan asin yang enak dan sehat !”

Resep membuat menu sarapan pagi bukan nasi – Kentang, telur, brokoli, wortel, jagung manis !


Dalam rangka mengisi acara hari libur bersama keluarga, dalam rangka belajar konsisten mngkonsumsi makanan sehat, dalam rangka untuk mengganti selera makan, dalam rangka belajar makan tanpa nasi, dalan rangka hiburan untuk anak-anak dan dalam rangka mencoba berkesperimen kombinasi makanan.

image

Hari liburan ini sarapan pagi aku yang bikin. Iyaa aku yang bikin ! Hasilnya enak koq walau cuma pakai bumbu garam doang ! Nih dia hasilnya: Lanjutkan membaca “Resep membuat menu sarapan pagi bukan nasi – Kentang, telur, brokoli, wortel, jagung manis !”

Langkah-langkah / Cara membuat popcorn gurih enak asin sendiri di rumah – Beserta gambar dan video !


Kalau kemarin-kemarin aku nulis sesuatu yang kurang jelas juntrungannya, kali ini tentang masak-memasak di rumah. Dulu aku pernah bikin tulisan yang cukup ramai menghiasi hasil pencarian oleh emak-emak tentang resep cap cay kuah istimewa, jadi aku tertarik juga sharing cara membuat popcorn sendiri di rumah.

Popcorn ini jujur saja cukup seru untuk dimakan bareng-bareng keluarga di rumah tapi kadang untuk membuatnya sudah males duluan karena terkesan ribet. Padahal nggak sama sekali, lebih ribet membuat nasi goreng pokoknya.

Bahan-bahan:
– Jagung yang sudah dikeringkan, kalau bisa pisahkan jagung yang sudah tidak utuh karena tidak aka  mengembang.
– Margarin, sebagai pengganti minyak goreng dan garam. Nantinnya popcorn yang  dihasilkan sudah gurih asin tidak perlu menambahkan garam lagi.

Alat-alat:
– Wajan teflon untuk menggoreng
– Penutup teflon yang cekung, kalau bisa yang kaca agar kelihatan dalamnya
– Pengaduk seperti sodet / soled / sutil

Step 1:
Panaskan margarin dalam teflon yang sudah panas, ini agar proses lebih cepat dan panasnya sudah merata di semua bagian teflon sehingga jagung yang menempel di bagian manapun akan mengembang.

image

Step 2:
Pastikan semua margarin telah meleleh dengan sempurna. Ini agar asinnya nanti merata.

image

Step 3:
Masukan jagungnya, usahakan sebelum dimasuk kondisi jagung sudah kering dan tidak ada kena air agar nantinya dapat mengembang dengan sempurna.

image

Step 4:
Aduk-aduk jagung dalam margarin agar merata asinnya. Nanti kalau sudah merata dan siap untuk mengembang, dengan margarin ini jagung akan berwarna lebih cerah dari pada sebelum digoreng.

image

Step 5:
Tutup segera jika sudah ada satu jagung yang mengembang. Tutup ini berfungsi untuk membuat jagung yang mengembang tidak mental kemana-mana. Jagung yang mengembang itu seperti meledak jadi dia akan mental keluar dari teflon jika tidak ditutup.

image

Step 6:
Saat inilah yang paling seru. Menyaksikan para jagung meledak dan mengembang dengan suara rentetan ledakan kecil di dalam wajan teflon itu menyenangkan sekali. Si kecil pasti seneng banget kalau aku ajak bikin kaya gini. Menikmati banget suara dan prosesnya.

Kala sudah mulai jarang suara jagung yang meletup, segera matikan api dan kemudian tunggu sampai sudah tidak ada lagi jagung yang meletup. Jika keburu dibuka dan ada jagung satu aja yang meletup bisa tumpah kemana-mana jagung yang sudah jadi popcorn.

Nih dia hasilnya yang aku bikin. Sederhana dan menggunakan peralatan apa yang ada di dapur. Tidak harus menggunakan wajan atau panci khusus untuk membuat popcorn.

image

Hasilnya adalah popcorn yang sudah ada rasa asin dan gurihnya, tidak perlu menaburi garam lagi. Tinggal dipindahkan ke wadah lain yang besar dan dinikmati bareng-bareng bersama keluarga atau temen.

Oh iya ini videonya, ada 2 kali sesi pembuatan, paling sekitar 2 menitan setiap kali goreng.

Itu videonya dari awal sampai akhir, hasil rekaman saya sendiri, jika ada yang aneh dengan bahasa, logat atau suara-suara lainnya karena memang itulah suara saya sebagai seorang dengan Plat R atau ngapak. He he he …. silahkan mencoba

NOTE
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.