Level Maturitas Organisasi dan Pengaruhnya terhadap website!


Sebuah perusahaan baru, pasti ingin mengenalkan diri kepada marketnya mengenai eksistensinya, mulai dari siapa, apa saja produknya, apa saja fasilitasnya, bagaimana cara pesan, bagaimanan menghubungi dan bagaimana agar orang tertarik menggunakan produknya.

Kita bisa lihat pada perusahaan baru atau cafe atau start up yang baru berdiri

Bentuk websitenya berupa landing page dan isinya adalah produl, fitur, fasilitas dan apa yang dimiliki untuk konsumen gunakan. Berisi daftar produk beserta harga, pemesanan dan fasilitas seperti diskon, promo dan kemudahan lain.

Itu level 1, untuk level duanya adalah ketika sedang tahap mempertahankan pengguna dari produk atau jasa perusahaanya. Agar user tidak memilih produk lain. Agar ketika ada masalah dapat tertangani, agar user terus menggunakan dan agar jumlah user terus bertambah.

Contohnya adalah marketplace atau toko online atau bank, koperasi atau juga jasa angkutan

Sudah lama beroperasi, sudah memiliki pelanggan tetapi masih rawan dengan perubahan pasar, perilaku konsumen dan ada pesaing yang juga sama-sama kondisinya mempertahankan konsumennya. Di sini yang bisa eksis adalah mereka yang bisa membaca perkembangan dan beradaptasi. Kalau gak bisa beradaptasi pasti akan bangkrut.

Level 3 adalah ketika sebuah perusahaan sudah menguasai pasar, user sudah bisa dikendalikan dan tanpa perlu khawatir ada permasalahan pada produk, karena user sudah pada tahap puas dan menjadikan produk sebagai kebutuhan.

Level 4, Penguasa Pasar

Berikutnya adalah level 4. Ini sudah penyedia tunggal, tidak ada pesaing dan semua orang ketergantungan terhadap produknya. Ada masalah atau tidak terhadap produknya, orang gak punya pilihan lain. Berat sebuah perusahaan untuk bisa mencapai level ini. Cuma ada 2 kondisi yang bisa memberinya yaitu berasal dari produk yang sangat bagus dari semua sisi sehingga orang gak akan lagi memilih yang lain atau pengelola tunggal yang diberikan oleh negara.

Cotohnya adalah PLN, Pertamina, Bank Indonesia, KAI. Apapun kondisi produknya, orang gak akan meninggalkan. Tetapi ada entitas yang langsung ke level 4 yaitu dinas atau departemen pemerintahan. Punya privilege untuk mengatur dirinya dan layanannya ke masyarakat. Tidak ada pesaing pemberi layanan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.