Mau memperbaiki makam, malah yang dikubur jalan-jalan dan ikut membantu – Cerita horor bertemu kakek buyut !


Aduh, kisah ini bikin aku thenger-thenger dan kepikiran dalam beberapa hari kemarin, sampai teringat terus kata-kata dan nasehat eyang buyut ayahku, yang ketika lagi dibenerin makamnya itu dia duduk dan jalan-jalan dari kuburnya dalam keadaan kain pocongnya cuma disingkapkan. Horor banget melebihi film horor yang pernah aku tonton selama ini

Awal mulanya aku diajak ayah untuk mengunjungi kampung embah di desa sebelah yang kondisinya itu masih sangat pelosok. Saking pelosoknya bahkan jalan itu nggak ada yang jangankan diaspal, ditatain batu juga nggak. Listrik nggak ada, penerangan hanya pakai minyak kelapa. Bukan minyak tanah, kampung ini terlalu jauh dari kota sehingga nggak ada penerangan yang layak. Lanjutkan membaca “Mau memperbaiki makam, malah yang dikubur jalan-jalan dan ikut membantu – Cerita horor bertemu kakek buyut !”

Jejak biota laut yang masih melimpah di Pantai Pandawa, Nusa Dua, Bali


Kemarin aku tulis tentang indahnya alam pantai pandawa, nusa dua, bali. Sekarang aku tulis tentang jejak biota lautnya yang terdampar di pantai yang mendandakan masih melimpahnya yang hidup di bawah laut sana.

image

Mulai dari floranya seperti foto-foto di bawah ini yang aku ambil dari tumpukan yang menyebar di sepanjang garis pantai. Jika tempat lain yang sudah ramai orang adalah sampah plastik, di sini sampahnya adalah jejak biota laut yang terdampar di pantai.
Lanjutkan membaca “Jejak biota laut yang masih melimpah di Pantai Pandawa, Nusa Dua, Bali”

Indahnya alam di Pantai Pandawa Bali – Alternatif wisata pantai yang lebih indah dan alami selain kuta, sanur dan lainnya


Saat ini dengan hal yang tidak direncanakan, aku bisa sampai ke Pantai Pandawa, Bali. Sebuah pantai yang belum lama dikenal orang dan masih asri serta pemandangan alamnya yang sangat indah. Masih sangat jernih air dan tidak kotor oleh sampah. Pantai kuta atau sanur yang lebih terkenal menurutku tidak ada apa-apanya.

image

Jika kita di atas bukit menghadap ke laut, foto diatas adalah arah sisi kiri. Kita harus menuruni jalanan cukup curam untuk sampai ke pantai.
Lanjutkan membaca “Indahnya alam di Pantai Pandawa Bali – Alternatif wisata pantai yang lebih indah dan alami selain kuta, sanur dan lainnya”

#1 Liburan dan Mancing ke Kepulauan seribu melalui Pulau Pramuka


Cerita Pertama – Liburan Kedua 2014

Belum habis cerita soal liburan pertama 2014, ini tentang liburan keduanya Yaitu mancing ke kepulauan seribu. Tulisan ini tentang berangkat dan sampai di pulau pramuka, ibu kota kepulauan seribu sebagai basecamp rombongan.

image

Ini aku sampai ke pelabuhan muara angke, suasananya masih agak gelap. Dari rumah habis subuh karena harus cepet sampai pelabuhan karena kalau hari libur itu rame banget sampe seperti lebaran rasanya.

image

Itu pemandangan dari peron di dermaga ke kapal-kapal yang sudah penuh dengan muatan penumpang dan sedang ngantri untuk keluar dari dermaga. Yang harus dilakukan di sini adalah mencari informasi kapal hang yang sedang sandar di dekat peron dan sedang menaikan penumpang itu jurusannya ke pulau mana. Soalnya di kepulauan seribu itu banyak sekali pulau tujuan wisata dan beberapa sebagai tujuan basecamp  memancing.

image

Ini setelah aku naik kapal penumpang dan sudah keluar dari dermaga. Pemandangannya adalah kapal-kapal nelayan yang sedang sandar sepanjang jalur. Tujuan rombongan mancingku adalah ke pulau Pramuka, perjalanan kurang lebih 2,5 jam.

image

Ini adalah sambutan pulau pertama, aku nggak tau nama-namanya. Yang jelas sepertinya itu juga obyek wisata yang juga ditempati orang-orang untuk tempat tinggal. Berikut ini foto-foto yang sempat aku ambil selama perjalanan:

image

Itu adalah sebuah kapal nelayan yang sepertinya sedang mencari ikan dalam sekala kecil. Di belakangnya adalah karamba budi daya kerang hijau, yaitu milik para petani kerang hijau membesarkan kerang dengan cara dibuat seperti rumah terapung tempat kerang hijaunya tumbuh besar. Nanti tinggal dipanen saja tanpa harus nyari satu-satu.

image

Ini sesama kapal penumpang yang menuju pulau lain, kurang lebih kapal yang aku naiki. Sesuai informasi yang perlu dicek lagi, kapal seperti itu muat sekitar 200 orang dengan barangnya. Harga tiket ke pulau pramuka sekitar 35.000, tidak ada tempat duduknya, lesehan dengan sandal dilepas.

image

Kalau yang ini adalah kapal penumpang milik pemda jakarta. Namanya Kapal Kerapu. Muatnya 40 orang saja, AC, harga toket 70.000 dan ada kursi duduknya.

image

Ini adalah view salah satu pulau yang aku zoom dari kapalku. Banyak sarang burung di atasnya dan terlihat masih alami sekali.

image

Ini salah satu pemandangan di atas air, tumbuhan enceng gondok yang terapung terombang-ambing di atas arus air laut.

image

Dan itulah pulau Pramuka (yang sebelah kanan), itu Dalah ibukota kepulauan seribu, bukan ibukota sih tepatnya, tapi kota kecamatan.

Sekian dulu perjalanan awalku mancing, ntar ku sambung lagi ke cerita ke dua tentang mendarat di pulau pramuka. Kalau jadi satu tulisan soalnya bakalan panjang banget.

Klinick – Rumah Makan Lince Jaya – Jl. Cijelag, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang


Saat ini lagi istirahat perjalanan bus menuju jawa tengah. Menuju sebuah kampung dimana aku di lahirkan. Tetapi ini tempat nggak biasanya karena tidak melewati jalur transportasi yang biasa dilalui.

image

Di daerah pamanukan – pantura sedang macet parah karena jalanan habis terendam banjir sehingga menjadi rusak parah. Lubang jalan besar-besar sekali sehingga kendaraan melambat dan menimbulkan kemacetan parah. Dan bus yang aku naiki melintasi jalur alternatif yaitu lewat jalur tengah. Dari tol cikampek masuk tol cipularang dan keluar daerah sadang, melewati subang terus bablas akan tembus tol palikanci cirebon. Walau jalan kecil tetapi relatif lancar.

Dan ini rumah makan ada di jalur sebelum sampai masuk ke cirebon. Rumah makan tidam begitu besar tetapi cukup nyaman untuk istirahat. Makanan cukup lengkap dari mulai nasi, bakso, mie ayam sampai mie gelas seperti pop mie. Ada juga kopi berbagai merk untuk pilihan teman duduk nunggu bus berangkat lagi.

Tempat untuk sholat juga tersedia dengan bersih dan dekat dengan kamar mandi dan tempat wudhu.

image

Tapi ada yang aneh, ada sebuah ruangan yang tertera dengan nama “klinick”. Ruang apa ya kira-kira ? Apakah sebenarnya klinik atau clinic. Atau ruang apa.

Posted from WordPress for Android via EK GC100