Bikin lagu, terkenal dikit, bukan kamu yang bakalan dapat banyak duit, tampi mereka!


Pernah sedikit sadar gak, kalau di youtube khususnya itu misal ada lagu, kita cari penciptanya siapa, kemudian kita lihat jumlah viewernya berapa. Banyak dan sering terjadi nanti jumlah viewernya adalah mereka yang meng-cover lagu tersebut. Ntah itu sekedar cover/remake atau sejenisnya.

Kalau kita yang liat sih gak ngefek apa-apa orang hanya menikmati musik mereka. Tapi apa rasanya kalau kamu punya karya, terus orang lain membuat ulang dan yang laris itu mereka ? Apa yang kamu rasakan ?

Sebel, jengkel, gak terima dan sejenisnya. Tapi kamu bisa apa selain itu ?

Mau klaim hak cipta ? gak semudah itu urusanya sekarang, biaya ngurus di pengadilan itu berapa dibanding dengan nilai karya yang dibuat. Itulah tinggal di negara yang kesadaran hak cipta itu masih rendah. Atau bahkan gak dianggap.

Untungnya youtube itu datang dari negara yang peduli banget mengenai hak cipta. Jadi budaya mereka sedikit membantu nasib para pencipta karya ini. Walaupun itu nantinya di akal-akalin agar tidak terdeteksi melanggar hak cipta ya.

Penulis: ahsanfile

Enak makan, enak tidur cukuplah itu di dunia... selalu memperbaiki keimanan di tengah lingkungan yang sudah rusak, cukuplah itu untuk akhirat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.